Dirjen Imigrasi : Pejim Zaman Now Harus Berintegritas

Jakarta (18/12) – Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F Sompie memberikan pengarahan sekaligus pembekalan bagi Alumni Pendidikan Pejabat Imigrasi Angkatan 2017 di Aula Direktorat Jenderal Imigrasi Jakarta pada Senin (18/12). Turut hadir pada acara tersebut Para Direktur dan Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi.

Dalam pengarahannya, Dirjen Imigrasi menekankan kemampuan para Pejabat Imigrasi yang baru lulus ini agar melakukan pemetaan terkait tugas dan fungsi di Kantor Imigrasi. Pengamatan yang baik harus dilakukan selama dalam penugasan di tempat baru.

“Pejim (Pejabat Imigrasi-red) Zaman Now harus berintegritas dan tampil lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Lakukan pengamatan lingkungan, hasilnya kalian bisa memetakan apa kelebihan kita dan apa kekurangan kita,” ujarnya.

Dirjen menambahkan bahwa pelayanan publik yang sekarang ini menjadi pusat perhatian jangan dikotori dengan perilaku yang kurang baik, baik itu terhadap Warga Negara Indonesia atau Asing.  Masyarakat berharap wajah petugas selalu tersenyum dan berseri-seri ketika melakukan tugas.

“Kita juga manusia, bagaimana melatih untuk kita yakin bahwa kita punya passion sebagai pejabat imigrasi. Perlu dilatih agar mencintai pekerjaan ini,” pesan Dirjen Imigrasi.

Mengakhiri pengarahan, Dirjen Imigrasi menitipkan pesan kepada Para pejabat Imigrasi yang akan bertugas di tempat baru ini agar membantu mencari solusi terbaik atas permasalahan yang ada. Selanjutnya Dirjen Imigrasi juga menekankan pentingnya pejabat imigrasi sabagai agen perubahan ketika bertugas di lapangan.

Pada tahun ini Politeknik Imigrasi mewisuda 97 Siswa Pendidikan Pejabat Imigrasi dan setelah diwisuda akan ditempatkan di beberapa Tempat Pemeriksaan Imigrasi seperti Bandara Soekarno Hatta, Bandara Juanda, Kualanamu dan Bandara I Gusti Ngurah Rai serta Pelabuhan Batam.